Senin, 22 September 2008

be a great wife - agar dicintai suami

"perempuan dinikahi karena empat hal : Hartanya, kedudukannya, kecantikannya,dan agamanya.
maka pilihlah perempuan yang beragama niscaya kamu beruntung" (HR. Bukhari dan Muslim)

melalui buku setebal 184 halaman ini, Abu Ahmad 'isham bin Muhammad as-syarif (Mesir, 1994) mengupas tuntas segala hal mengenai karakteristik seorang istri sholehah,yang dibagi dalam 20 karakteristik.
ke20 karakteristik tsb disusun berdasarkan ayat ayat Al Quran dan hadis hadis shahih (disertai index nya) serta berbagai pendapat ulama baik salaf maupun khalaf.


Dalam pembasannya disertakan pula contoh contoh nyata yang terjadi pada rumah tangga para shahabiyah masa dulu, agar dapat diteladani. diuraikan dengan bahasa yang mudah dicerna berharap dapat dijadikan sebagai pembelajaran kepada pembaca pada umumnya, para istri pada khususnya.

Pada masa sekarang ini mungkin istri salehah yang memiliki ke 20 karakter tersebut sangat sulit diketemukan, namun bukan berarti tidak mungkin untuk dipelajari dan dicoba. pun bukan berarti istri yng tidak memiliki semua karakteristik tersebut bukanlah tergolong istri yang salehah. ini hanya merupakan tingkatan kesempurnaan seorang istri yang salehah, meski tentunya tak ada yang sempurna di dunia ini.

dari buku ini point terpenting yang bisa saya ambil adalah bahwa unsur utama dari seorang istri salehah adalah istri yang beragama, yang taat kepada suaminya, setelah kepada Tuhannya. juga tentang pengabdian, akhlak, dan sikap terhadap suami. ketika menjadi seorang istri, sudah sepantasnya mengesampingkan ego, mendahulukan kepentingan dan kesenangan suami dibanding dirinya sendiri. memiliki kesabaran tiada batas, juga keikhlasan. kelembutan, kasih sayang juga ketulusan. juga bahwa seorang istri hendaklah tetap menjga kebersihan, kecantikan, keindahan dan keharuman diri untuk suaminya. diselipkan pula sebuah pesan dari Ummu Iyas kepada putrinya ketika dinikahkan. sebuah pesan praktis untuk seorang istri yang cerdas lagi bijaksana.

di bab terakhir, diselipkan beberapa tanya jawab tentang problematika rumah tangga, yang beberapa jawabnnya dikutip dari fatwa ulama besar seperti Syaikh `Abdul `Aziz bin Baz (ulama terkenal nich), termasuk salah satunya hal ini :
bahwa suami yang telah kafir, yang mencaci agama Allah,yang meninggalkan salat, tidak halal lagi untuk seorang istri, wajib ditinggalkan dan dibenci karena Allah sebagaimana firman Allah
"...mereka tidak halal bagi orang orang kafir itu dan orang orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka ..." (QS 60:10 )
juga berdasarkan sabda Nabi SAW :
"perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat. dengan demikian, siapa saja meninggalkannya maka dia telah menjadi kafir"

namun, lepas dari itu semua, ada kejanggalan di sini. pada bagian pendahuluan disebutkan bahw di dalamnya dijelaskan pula tentang pembahasan poligami beserta problematikanya. namun setelah saya bca hingga akhir, kok ga ada ya :(
mungkin salah ketik, atau seharusnya bab ini dituangkan di buku pasangannya "be a gret husband", karena memang buku ini di rancang sepasang dengan judul "be a great couple". sya belum tahu, karena ternyata saya ga punya pasangannya.


bagaimanapun, ini buku yang bagus menurut saya, sebagai referensi bagi seorang gadis, para calon istri terbaik, istri yang salehah.

yah... emang siy, lagi-lagi masih teori bagi saya... seperti halnya ketika saya membaca kado pernikahan untuk istri, Nikah A-Z, atau kado cinta untuk istri dan teori teori sejenis.
fiuh, emang gampang klo cuma baca teori yaw, tapi kan minimal ngerti. (padahal salahnya orang yng mengerti lebih besar dosanya daripada yg tidak mengerti, nah lo... ah, dosa kan kuasa Allah)

jadi inget ma kata-kata ini :
"teori tentang keimanan kadang lebih mudah daripda keimanan yang sebenarnya. indikasi ketakwaan juga lebih bisa dijelaskan secara teoritis daripada ketakwaan sebenarnya."

-semoga bukan sekedar teori yang mudah dipelajari-

dibaca agustus 2008

*thanks to : pingme, fresa, bijibungamatahari, atas buku ini di milad ke 22 saya, semoga bermanfaat banyak :)

Tidak ada komentar: