Rabu, 17 September 2008

TUJUAN dan CINTA

Pagi ini seseorang bertanya kepadaku lewat sebuah pesan pendek :

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Boleh nanya?
Setiap manusia hidup pasti khan punya TUJUAN dan CINTA. Menurutmu diantara keduanya, mana yang kamu utamakan dahulu?
Tujuan
apa sih sebenarnya tujuan manusia itu hidup?
menurutku tak lain adalah demi meraih cinta Ilahi, demi mendapat yang lebih baik setelah ini, surga...
Cinta
setiap manusia bernyawa pasti dibekali sebentuk perasaan yang bernama cinta. Cinta di sini bukan melulu cinta antara dua insan (example pacar). bukan, lebih luas dari pada itu. cinta memiliki banyak wajah yang lebih indah dari sekedar itu kupikir.
Tujuan tak mungkin luput dari cinta. manusia meraih sebuah tujuan yang sebelumnya telah dirancangnya, minimal berdasarkan sebab bahwa ia mencintai dirinya sendiri. atau bahkan kemudian karena ia mencintai orang lain.
dan semua tujuan kecil yang dirancang pada akhirnya kembali kepada apa sih hakekat manusia dihidupkan olehNya? tak lain untuk menyembahNya, mencintaiNya, mengharap Dia pun mencintai kita, right?
Ketika manusia meraih Tujuan dengan membabi buta, menghalalkan segala cara, dan tanpa memasukkan sedikit saja unsur cinta, itu seperti robot menurut saya.
Namun ketika Cinta terlalu diagungkan, seperti halnya cinta kepada seorang kekasih (bukan suami) tanpa mempedulikan ke mana tujuan akhir, ini seperti kesiaan menurut saya, suatu kesalahan yang perlu perbaikan.
Jadi menurut saya TUJUAN dan CINTA adalah satu kesatuan yang saling mendukung.
ah... ini hanya pandangan sempit dari diri pribadi saya sendiri. masih berupa garis kasar dan dhoif tentunya. masih jauh dari kriteria objektivitas, bercampur dengan kentalnya subjektivitas diri. masih perlu belajar banyak untuk memperluas pengetahuan dan pandangan saya tentang kehidupan.
universitas kehidupan adalah tempat belajar paling baik dan tak lekang di makan jaman.
CMIIW

Tidak ada komentar: